Friday, February 5, 2010

Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh ditanggal ke lima belas (pada bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chuxi yang berarti "malam pergantian tahun".
Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Cina sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Meskipun penanggalan China secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok seringkali dinomori dari pemerintahan Huangdi.
Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memilik pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga, termasuk Indonesia.
Di Indonesia, selama tahun 1965-1998, perayaan tahun baru imlek dilarang dirayakan di depan umum. Dengan Instruksi Presiden Nomor 14 Tahun 1967, rezim Orde Baru dibawah pemerintahan Presiden Soeharto, melarang segala hal yang berbau Tionghoa, diantaranya Imlek.
Masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia kembali mendapatkan kebebasan merayakan tahun baru imlek pada tahun 2000 ketika Presiden Abdurrahman Wahid mencabut Inpres 14/1967. Kemudian Presiden Megawati Soekarnoputri meindaklanjuti dengan mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 19/2002 tertanggal 9 april 2002 yang meresmikan Imlek sebagai Hari Libur Nasional. Mulai 2003. Imlek resmi dinyatkan sebagai salah satu hari libur nasional.
(disadur dari Wikipedia)

Gardena Department Store & Supurmarket Yogyakarta juga memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek, dengan memassang beberapa pernak-pernik Imlek, seperti lampion, tulisan-tulisan China di tempat yang strategis, termasuk di area Game Zone Lantai IV.

Suasana kafetaria lantai IV dengan hiasan lampion

Counter Mandi Bola dengan nuansa Imlek

Counter Kereta Api dengan lampion

Tahun Baru Imlek 2561 kali terasa spesial, karena bersamaan dengan Hari Kasih Sayang (Valentine's Day). Game Zone Lantai IV Gardena Department Store & Supermarket Yogyakarta menyambut Hari Kasih Sayang dengan tema "Say it with chocolate" akan memberikan gift permen coklat setiap transaksi Rp. 20.000,-, berlaku hanya pada hari Minggu 14 Februari 2010


No comments:

Post a Comment